Selasa, 05 April 2011

Umbul Cokro







Bagi masyarakat Solo Raya pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Umbul Ingas atau orang biasa menyebutnya dengan Umbul Cokro, karena letak berada di Desa Cokro Kec. Tulung Kab. Klaten (tetanggaan dengan kecamatan tempatku lahir -Kec. Polanharjo- dan jaraknya cuman 5 Km aja dari rumah nenek-ku tempatku lahir).  Umbul artinya adalah sumber air yang airnya keluar dari dalam tanah secara menyembur, karena airnya mumbul atau muncrat keatas maka orang-orang menyebutnya dengan istilah umbul.

Air umbul Ingas Cokro ini benar-benar jernih, bahkan dasar sungainya bisa kelihatan (seperti dapat dilihat pada foto disamping ini). Tidak salah apabila PDAM Kota Solo membelinya untuk dijual lagi ke masyarakat Kota Solo. Bahkan kejernihannya juga membuat perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) ngiler untuk ikut-ikutanngalap berkah dan rejeki dari air Umbul Ingas ini. Setidaknya sekarang ada 2 (dua) perusahaan AMDK (1 level nasional dan 1 pemain lokal) yang membangun pabriknya disini.
Kejernihan airnya dan sejuknya udara disini benar-benar nyaman untuk berwisata dan bersantai bersama keluarga bahkan pacaran juga boleh     Dalam areal taman yang rindang karena dipenuhi oleh pohon-pohon tinggi dan besar-besar,juga terdapat saung-saung rumah makan serta ada juga kolam renangnya. Dan untuk menuju areal tersebut, pengunjung musti melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu yang mana maksimal hanya boleh dilalui oleh 10 orang saja. Jadi kalau pas ramai ya antri dulu-lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar